Kebun Teh Wonosari Malang: Lokasi dan Daya Tarik

 427 total views,  8 views today

Panorama alam amazing dan adem polKebun Teh Wonosari Malang: Lokasi dan Daya TarikBukit Kuneer di Kebun Teh Wonosari. Instagram/infowisatajawatimur

dhafintya noorca

Kebun Teh Wonosari di Kabupaten Malang merupakan salah satu destinasi wisata yang menggabungkan sejarah dan wisata alam.

Kebun Teh Wonosari merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang bernaung di bawah perusahaan Belanda pada tahun 1910. Sejarah mencatat Kebun Teh Wonosari juga sempat berada di bawah kuasa Jepang saat Indonesia dijajah Negeri Matahari itu. Hingga sekarang pengelolaan Kebun Teh Wonosari oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII.

Berdiri di dataran tinggi di lahan seluas 1,14 hektare membuat Kebun Teh Wonosari sebagai destinasi wisata yang menyuguhkan hijau dan sejuknya alam. Kamu bisa melihat perkebunan teh dengan latar belakang Gunung Arjuno. Cocok banget buat kamu yang ingin menepi dan refreshing dari rutinitas yang menjenuhkan.

1. Lokasi Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari Malang: Lokasi dan Daya TarikHamparan perkebunan teh di Kebun Teh Wonosari Malang. Instagram/pesonamalangraya

Kebun Teh Wonosari berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wisata ini juga disebut Kebun Teh Lawang karena ada sebagian wilayahnya yang masuk Kecamatan Lawang. Jaraknya hanya sekitar 8 kilometer saja dari pintu tol Lawang bila kamu membawa kendaraan pribadi.

Apabila menggunakan kereta api, stasiun terdekat yaitu Stasiun Lawang. Dari sini kamu bisa menggunakan transportasi atau kendaraan umum untuk menuju Kebun Teh Wonosari.

Wisata Kebun Teh Wonosari buka tiap hari mulai pukul 06.00-22.00 WIB. Pagi hari adalah waktu terbaik buat berwisata ke sini. Saat itu belum terlalu ramai dan udara masih fresh.

2. Harga tiket masuk Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari Malang: Lokasi dan Daya TarikPara pemetik teh di Kebun Teh Wonosari. Instagram/hariyantopurnama

Harga tiket masuk Kebun Teh Wonosari dibedakan saat akhir pekan dan hari biasa. Pada hari biasa, tiket masuk sebesar Rp15.000 sedangkan akhir pekan Rp20.000. Tiket ini berlaku untuk masuk ke Wisata Agro Wonosari.

Kamu akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp10.000 saat memasuki kawasan Bukit Kuneer yang merupakan puncak kebun teh. Ada banyak spot foto yang bisa kamu ambil untuk mengabadikan momen. Ditambah lagi view hamparan perkebunan teh dan Gunung Arjuno yang sangat terlihat jelas.

Tersedia juga paket petik teh yang dibanderol Rp135.000 per orang dengan fasilitas pengalaman memetik daun teh, kunjungan ke pabrik dan melihat langsung proses pengolahan daun teh, artisan tea, makan siang hingga souvenir ditemani oleh tour guide.

3. Daya Tarik Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari Malang: Lokasi dan Daya TarikPerjalanan menuju Bukit Kuneer puncak Kebun Teh Wonosari. Instagram/yoiki_malang

Ada banyak fasilitas dan spot yang menjadi daya tarik Kebun Teh Wonosari. Kamu bisa menginap di Rollaas Hotel and Resort yang ada di area Wisata Agro Wonosari. Mau camping juga bisa karena ada area camping ground yang disediakan. Wahana kolam renang, rumah kelinci, flying fox, ATV tour bisa kamu coba keseruannya di Wisata Agro Wonosari.

Namun yang menjadi favorit wisatawan tentu saja Bukit Kuneer. Medan jalan berbatu dan menanjak sejauh 2 kilometer cocok banget buat kamu penggemar treking. Pastikan pakai baju dan sepatu yang nyaman ya biar aman sampai di puncak. Pastikan juga fisikmu siap ya. Semua perjalanan melalui medan terjal ini bakal terbayar lunas dengan pemandangan indah di atas Bukit Kuneer. Kamu juga bisa berfoto di spot yang tersebar di sana lho.

Siapa yang tertarik buat main-main ke Kebun Teh Wonosari di liburan kali ini? Cocok banget buat datang sendiri bagi kamu pecinta treking yang menantang atau berwisata bareng keluarga.

Sumber: https://jatim.idntimes.com/travel/destination/dhafintya-noorca-achni-1/kebun-teh-wonosari-malang-lokasi-dan-daya-tarik-c1c2?page=all

Leave a Reply

Your email address will not be published.