4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kebun Teh Kertowono Lumajang

 7,373 total views,  2 views today

4 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Kebun Teh Kertowono Lumajang

Kebun Teh Kertowono, juga dikenal dengan sebutan Perkebunan Teh Gucialit, merupakan salah satu kawasan perkebunan teh yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), kebun teh ini menjadi daya tarik wisata agro yang menarik perhatian wisatawan.

Dengan harga tiket Rp5 ribu per orang dan jam buka mulai dari pukul 8:00-17:00, Kebun Teh Kertowono di Lumajang, Jawa Timur ini selalu terlihat ramai dikunjungi wisatawan. Mereka banyak melakukan kegiatan menarik di Kebun Teh peninggalan zaman Belanda ini.

Berikut sejumlah aktivitas seru yang bisa dilakukan di Kebun Teh Kertowono, dikutip dari situs PT Perkebunan Nusantara XII PT Perkebunan Nusantara XII pada Selasa (1/8/7/2023).

Kegiatan Seru di Kebun Teh Kertowono

1. Berkunjung ke Pabrik Teh

Wisatawan yang berkunjung ke Kebun Teh Kertowono bisa melakukan ekowisata yang berfokus pada edukasi teh. Pengunjung dapat melihat langsung proses pengolahan teh di pabrik teh peninggalan Belanda yang masih beroperasi.

Sebagai informasi, perkebunan ini mampu memproduksi lebih dari 50 ton teh per bulan dan mengekspor produknya ke berbagai negara seperti Belanda, Perancis, Inggris sampai Arab Saudi.

2. Menginap di Penginapan Zaman Belanda

Selain itu, dijelaskan juga kalau Kebun Teh Kertowono juga mempunyai beberapa bangunan rumah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh dengan arsitektur lawas. Rumah-rumah tersebut dapat disewa sebagai akomodasi tempat menginap bagi para pengunjung.

3. Camping Ground

Lokasi perkebunan ini juga menyediakan semacam camping ground. Dengan demikian, para pengunjung bisa semakin dekat dengan alam bebas dan melakukan aktivitas luar ruangan, cocok bagi wisatawan yang gemar “kotor-kotoran”.

4. Panen Selfie

Terakhir, dikarenakan lokasinya yang penuh estetika, tidak sedikit pengunjung yang tertarik untuk mengumpulkan selfie atau swafoto di Kebun Teh Kertowono. Mulai dari di jembatan, menghadap gunung sampai di depan kebun tehnya, banyak lokasi swafoto yang bisa mempercantik media sosial.

Sumber: https://kontenjatim.com/read32043/4-kegiatan-seru-yang-bisa-dilakukan-di-kebun-teh-kertowono-lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published.